Sunday, April 8, 2018

Nikmatnya Bika Ambon, Makan Khas Medan, Sumatra Utara

Kuliner Khas Medan, Bika Ambon

Kuliner List - Bika Ambon yaitu satu diantara makanan ciri khas type kue basah yang datang dari Kota Medan, Sumatera Utara. Kue satu ini mempunyai keunikan dengan warnanya yang kuning serta mempunyai rongga-rongga dibagian dalamnya. Diluar itu kue Bika Ambon juga mempunyai citarasa serta aroma yang ciri khas hingga buat kita ketagihan untuk memakannya. Di Kota Medan sendiri, kue Bika Ambon ini sangatlah populer serta jadi satu diantara icon kuliner kebanggaan orang-orang disana. Hingga senantiasa jadi buruan beberapa penggemar kuliner ataupun beberapa wisatawan waktu bertandang kesana.

Asal Usul Bika Ambon 

Pertama kalinya mendengar nama kue Bika Ambon ini, pasti kita juga akan menduga kalau kue satu ini datang dari daerah Maluku di Indonesia timur. Tetapi sebenarnya kue Bika Ambon ini benar-benar sangat popular di Kota Medan, Sumatera Utara.

Dari sebagian sumber yang kami dapatkan, terdapat banyak versus narasi yang menerangkan mengenai asal mula nama Bika Ambon ini. Satu diantaranya dari keterangan M. Muhar Omtatok, salah seseorang budayawan serta sejarawan yang menerangkan kalau kue Bika Ambon ini awalannya terilhami dari kue ciri khas bangsa Melayu yakni bika atau yang dimaksud dengan juga bingka. Kue itu lalu dimodifikasi dengan memberikan bahan pengembang berbentuk Nira atau Tuak Enau. Hingga sisi dalamnya jadi berongga serta mempunyai rasa yang berlainan dengan kue bika ciri khas Melayu itu.

Lalu, kue ini mulai dimaksud dengan kue Bika Ambon karna pertama kalinya di jual di daerah simpang Jl. Ambon - Sei Kera, Medan. Karna banyak peminat, kue ini lalu mulai popular serta seringkali dimaksud dengan kue Bika Ambon, sesuai sama nama jalan itu. Asal mula serta nama dari Bika Ambon ini sampai saat ini masih tetap jadi pro-kontra. Tetapi walau bagaimanapun, kue Bika Ambon tetaplah jadi satu diantara sajian istimewa dari orang-orang Medan.

Pembuatan Bika Ambon 

Bahan yang dipakai untuk buat Bika Ambon ini salah satunya yaitu tepung, telur, nira, gula, serta santan. Sedang untuk bahan penyedap dapat memakai daun pandan, daun jeruk, atau vanilli. Dalam sistem membuatnya, pertama, rebus santan dengan daun jeruk serta daun pandan. Sesudah santan itu didinginkan, lalu input satu per satu bahan seperti telur, tepung, gula, serta nira. Bahan itu diaduk sampai rata, lalu didiamkan sepanjang sebagian jam hingga mengendap. Kemudian lalu adonan itu dimasukan kedalam oven dengan api tengah, serta tunggulah sampai kue itu masak.

Cita Rasa Bika Ambon 

Bika Ambon ini mempunyai cita rasa yang begitu ciri khas. Rasa-rasanya yang legit berpadu dengan teksturnya yang kenyal pasti menyebabkan sensasi sendiri waktu kita memakannya. Diluar itu aromanya yang kuat sangat menggugah selera.

No comments:

Post a Comment