Monday, April 23, 2018

Siomay Bandung, Makanan Khas Jawa Barat Yang Terkenal

Siomay Bandung, Makanan Khas Jawa Barat Yang Terkenal

Siomay, Makanan Khas Bandung Yang Terkenal di Indonesia

Kuliner List - Resep Siomay Bandung Ikan Tenggiri Lembut serta Empuk Simpel Khusus Asli Enak. Siomai atau siomay yaitu satu diantara type dim sum atau dimsum makanan yang dibuat lewat cara dikukus. Dalam bhs Mandarin, makanan ini dimaksud shaomai, sesaat dalam bhs Kanton dimaksud siu maai atau siu maii. Dalam dialek Beijing, makanan ini ditulis jadi somay atau somai, dan di baca shaomai. Kulit siomai yaitu sama dengan kulit pangsit. Makanan ini konon datang dari Mongolia Dalam. Terdapat beberapa beberapa macam type siomay bermacam kreasi olahan moderen, seperti siomay kranchi, siomay mayo dengan kulit pangsit disiram mayonaise serta saus sambal, siomay keluarga nugraha, somay ncc, dan lain-lain.

Pada resep masakan Cina, siomai yaitu daging babi cincang yang dibungkus kulit yang tidak tebal dari tepung terigu. Walau bagaimanapun, siomai juga di buat dari udang untuk siomay udang, daging kepiting, ikan biasanya memakai ikan tenggiri dengan kombinasi udang, atau daging sapi serta daging ayam untuk yang siomay tanpa ada ikan. Siomai di buat berupa silinder, serta di atasnya di beri hiasan seperti telur kepiting, parutan wortel, atau kacang polong. Sesudah dimatangkan lewat cara dikukus, siomai dikonsumsi dengan cuka atau kecap asin.

Jenis-jenis Menu Siomay Bandung Yang Nikmat 

Dalam masakan Indonesia ada beragam type macam siomai berdasar pada daging untuk isi, dari mulai siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau kombinasi daging ayam serta udang. Bahan untuk isi digabung dengan sagu atau tapioka. Di banyak daerah, siomai tidak selamanya dibungkus dengan kulit dari tepung terigu (kulit Pangsit).

Siomai umumnya dihidangkan dengan sebagian type bahan pelengkap. Pelengkap siomai yang umum dihidangkan diantaranya telur ayam rebus serta sayuran seperti kentang, peria serta kubis. Sebelumnya disajikan, umumnya siomai serta bahan pelengkapnya dikukus supaya bisa dihidangkan dalam keadaan hangat. Tahu bakso (tahu putih serta tahu kulit yang di isi adonan tapioka) dapat juga dimasukkan kedalam type siomai. Oleh karena itu di Jawa Barat, siomai juga popular dengan sebutan Bakso Tahu special yang di jual oleh Abang-abang atau Mamang.


Jika anda ingin membuat menu siomay sendiri maka anda harus mencari resep yang baik dan benar agar mendapatkan hasil sempurna. Tidak hanya resep yang bernar, anda juga harus menyiapkan bahan baku yang tepat dan bagus. Banyak resep yang disediakan untuk membuat makanan siomay, carilah resep yang sesuai dengan keingin anda.

Sajian Siomay Bandung Yang Melegenda

Siomai kukus biasanya disajikan dengan siraman saus kacang yang di buat dari kacang tanah yang dihaluskan serta diencerkan dengan air. Bumbu untuk saus kacang ini diantaranya cabai merah, bawang putih, gula pasir, asam jawa, bawang putih, garam dapur, serta cuka. Pada saat dihidangkan, siomai dapat ditambahkan kecap manis, sambal botol serta perasan jeruk limau hidangan sedap.

Di daerah Jawa Barat tanah Sunda tehnik penyajian Bakso Tahu khusus terdiri jadi dua, yakni bakso tahu kering serta bakso tahu basah. Biasanya pedagang yang menghidangkan siomai dengan ke-2 pilihan penyajian ini sediakan batagor dengan penyajian kering serta basah. Bakso tahu/batagor kering, dihidangkan dengan bumbu kacang seperti siomai/batagor biasanya. Mengenai bakso tahu/batagor basah (dimaksud juga bakso tahu/batagor kuah) yaitu siomai/batagor (bersama beragam bahan pelengkapnya) yang dihidangkan didalam kuah kaldu, dengan taburan seledri, bawang goreng serta kecap manis. Tersebut resep komplit langkah memasak siomay dengan buat sendiri dirumah lengkap dengan pelengkapnya serta kuah saus kacang pedas.

No comments:

Post a Comment