Sunday, April 15, 2018

Tongseng Kambing, Kuliner Khas Jawa Tengah

Kenikmatan Tongseng Kambing Makanan Khas Jawa Tengah

Kuliner List - Potongan-potongan daging kambing yang tidak tipis serta empuk dengan disiram kuah bersantan dengan aroma bumbu rempah yang kuat jadi ciri paling utama makanan kebanggaan orang-orang Jawa Tengah, Tongseng. Kuliner satu ini merupakah satu diantara kuliner ciri khas Indonesia yang pas di lidah siapapun.

Apabila bepergian ke Jawa Tengah, lebih persisnya sekali lagi di Boyolali, kita juga akan menjumpai banyak warung-warung tongseng di tepi jalan. Daerah yang diakui jadi tempat muasal tongseng ini bahkan juga mempunyai patung sate tongseng di Kecamatan Klego jadi bentuk kebanggaan orang-orangnya pada kuliner sedap satu ini.

Kesenangan tongseng nyatanya mempunyai narasi waktu dulu yang menarik. Semula masakan tongseng di Indonesia diawali pada era ke-18 sampai 19 Masehi saat bangsa Arab serta India berdatangan ke Indonesia untuk berdagang.

Tongseng Kambing, Menu Kuliner Khas Jawa Tengah

Seperti kita ketahui, pada jaman dulu Indonesia belum juga familiar dengan sajian kambing. Sesudah beberapa pedagang dari Arab serta India masuk, mereka lalu mengenalkan macam sajian kambing serta domba yang memanglah jadi makanan favorite mereka.

Pertama-tama, daging-daging kambing serta domba dibuat jadi sate, yaitu daging berbumbu yang dibakar diatas arang. Dari sini ada ketidaksamaan ciri sate Indonedia serta negara Timur Tengah. Sate Indonesia yaitu type sate seperti yang saat ini di kenal, yakni mempunyai penambahan bumbu. Sedang sate di Arab termasuk sate kering. Cuma saja, dalam pembuatan sate memerlukan bagian-bagian spesifik saja, seperti daging serta hati.


Disamping itu, bebrapa sisi kambing yang lain yg tidak disate seperti jeroan serta tulang dibuat dengan penambahan bumbu rempah serta santan. Sajian ini yang lalu kita kenal dengan nama gulai.

Sajian sate serta gule selanjutnya membumi dengan orang-orang Indonesia terutama di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Yogyakarta. Bersamaan dengan perubahannya, orang-orang juga berinovasi buat sajian daging kambing yang beda. Mereka menumis bermacam bumbu, daging kambing, serta kuah gule jadi satu dan ditambah dengan kecap manis. Kombinasi sate serta gule ini lalu dimaksud dengan tongseng karna langkahnya dibuat dengan dioseng.

Menu Tongseng Kambing Warisan Nenenk Moyang

Masakan tongseng ini mulai popular mulai sejak Mbah Jumiran yang disebut warga asli Klego berjualan sate serta tongseng pada th. 60-an. Ia juga sebagai perintis tempat tinggal makan tongseng di Jakarta.

Sajian yang dulunya cuma untuk sajian rumahan saat ini jadi makanan yang bisa di nikmati oleh kebanyakan orang bahkan juga jadi satu diantara makanan yang masuk daftar harus wisata kuliner di Jawa Tengah.

No comments:

Post a Comment