Wednesday, April 25, 2018

Santapan Kuliner Khas Kota Cirebon, Nasi Lengko

Santapan Kuliner Khas Kota Cirebon, Nasi Lengko

Nasi Lengko, Santapan Khas Masyarakat Cirebon

Kuliner List - Beberapa orang Indonesia memiliki beberapa type makanan pokok, salah satunya nasi. Tetapi, beberapa orang biasanya buat nasi agar lebih enak disantap, misalnya jadi nasi goreng, atau bahkan nasi lengko yang datang dari Pantura!

Sega lengko atau yang lebih dikenal jadi nasi lengko yaitu satu di antara kuliner keunikan beberapa orang di pantura atau pantai utara jawa. Nah, banyak daerah yang termasuk dalam pantura ini yakni Indramayu, Brebes, termasuk juga Cirebon, dan beberapa kota yang beda. Oleh karena itu, nasi lengko begitu popular di Cirebon.

Selain itu, nasi lengko popular demikian kaya protein dan lebih sehat. Sebab sebagian bahan yang digunakan atau dipadukan dengan nasi lengko tidaklah daging, namun sayur-sayuran serta tahu tempe.

Santapan Khas Kota Cirebon, Nasi Lengko

Nasi Lengko datang dari kata nasi langka, kata langka berarti tidak ada atau tidak seringkali. Maksud kata tidak seringkali disini yakni lauknya sedikit atau tidak seringkali sampai pelengkap yang digunakan dalam pembuatan nasi lengko juga demikian sederhana seperti nasi putih, tahu, tempe, tauge, daun kucai, mentimun, bawang goreng dan disiram dengan sambel kacang serta kecap, lantas diaduk hingga rata.

Karna nasi dan lauk pauk itu diaduk-aduk, ada juga orang yang beranggapan nasi lengko datang dari kata " lekoh " (kental). Bahkan berbarengan mengembangnya zaman, ada pula pedagang yang mengakronimkan kata " lengko " yakni singkatan dari " lengkap dan ekonomis ".

Santapan Kuliner Khas Kota Cirebon, Nasi Lengko

Sajian Makanan Nasi Lengko Khas Kota Cirebon

Nah, apabila bebrapa rekanan merasa lauk di atas nasi lengko tetap masih kurang, biasanya penjual nasi lengko juga siapkan lauk lain yang bisa ditambahkan di atasnya, lo! Misalnya telur dadar, telur mata sapi, pare, dan lain sebagainya.

Ada pula pilihan kerupuk di tiap-tiap warung nasi lengko. Bahkan beberapa orang lebih sukai pada siraman kecap manis di atas kerupuknya, lantas dikonsumsi dengan nasi, daripada disiram selekasnya di atas nasi.

Di Cirebon cukup banyak penjual nasi lengko dan bisa bebrapa rekanan dapatkan dengan harga yang terjangkau. Seporsi nasi lengko dijual pada Rp 10. 000, - hingga Rp 20. 000, - tergantung lauk menambahkan yang di ambil.

Dan nasi lengko juga disarankan untuk dikonsumsi ketika nasinya tetap masih hangat, agar perasaan jadi lebih gurih.

No comments:

Post a Comment